5 Cara Mengatasi Batuk pada Bayi yang Aman

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi yang Aman

Si kecil batuk? Jangan panik dulu, ya, Bunda. Apalagi langsung memberikan obat batuk. Karena di sini, ada beberapa cara mengatasi batuk pada bayi.

Batuk adalah reaksi alamiah yang terjadi pada tubuh ketika mengeluarkan sesuatu dari saluran pernapasan, seperti virus, kuman, juga kotoran. Jadi, sebenarnya, keadaan ini masih aman untuk anak.

Namun, ketika bayi batuk, dia akan lebih mudah rewel. Dan rewelnya inilah yang kerap membuat panik orang tua.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memberikan treatment berikut sebelum ke dokter dan memperoleh penanganan tepat.

Penyebab, Gejala, dan Jenis Batuk pada Bayi

Penyebab, Gejala, dan Jenis Batuk pada Bayi

Penyebab batuk pada bayi bermacam-macam. Bisa karena virus, kuman, debu, polusi udara, asma, zat iritan, atau alergi.

Sedangkan batuknya, baik pada orang dewasa, anak, dan bayi, gejalanya sama, yakni demam, tenggorokan gatal, mata merah, pilek atau hidung tersumbat, sakit kepala, dan hilang selera makan.

Jenis batuk sendiri ada dua, yakni:

  • Batuk Kering. Batuk kering adalah upaya dari tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang menggelitik dan gatal di tenggorokan.
  • Batuk Berdahak. Sedangkan batuk berdahak adalah reaksi tubuh ingin mengeluarkan dahak atau lendir yang ada di tenggorokan dan paru-paru. Umumnya, ada gejala penyerta, seperti mengi dan susah bernapas.

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi yang Alami

Batuk karena virus sebenarnya bisa sembuh tanpa obat-obatan.

Namun, kondisi tubuh yang tidak enak menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan rewel hingga sulit tidur. Jika dirasa batuk sudah memengaruhi kegiatan anak, coba Bunda lakukan cara mengobati batuk pada bayi secara alami ini.

1. Air Susu Ibu

Air Susu Ibu

Pertama, berikan ASI sesering mungkin. Hal ini karena dalam ASI terkandung zat pembentuk imunitas sehingga metabolisme tubuhnya lebih kuat untuk melawan infeksi.

Selain itu, kandungan zat dalam ASI juga baik untuk mengencerkan lendir sehingga mudah tubuh keluarkan juga membuat lega tenggorokan.

2. Uap Hangat

Uap Hangat

Selain ASI, dahak juga bisa encer dengan bantuan uap hangat. Alhasil, si kecil bisa bernapas dengan lega.

Caranya mudah, sediakan baskom yang telah berisi air hangat. Pastikan suhu panasnya tepat dan anak nyaman menghirupnya. Suhu yang pas berkisar antara 37–38⁰ C.

Kemudian, ajarkan anak untuk menghirup uapnya.

Jika cara ini terasa ribet, Anda bisa menggunakan humidifier. Selain tanpa campuran, Anda juga bisa menambahkan minyak esensial di alat pelembab udara agar wewangiannya terhirup. Nantinya, aroma ini bisa melegakan tenggorokan.

Selain itu, usahakan memandikan anak dengan air suam-suam kuku.

Di sisi lain, dengan berada di ruangan yang lembab, bisa membantu tenggorokan dan pernapasan menjadi lebih lega.

3. Air Putih Hangat

Air Putih Hangat

Cara menghilangkan batuk pada bayi secara alami ini bisa Anda terapkan untuk anak berusia enam bulan ke atas. Namun, hanya air putih hangat tanpa tambahan apa pun.

Karena bagi orang tua baru kerap melakukan kesalahan dengan mencampurkan air dengan madu. Hal ini sangat berisiko jika Anda berikan pada bayi belum satu tahun. Karena bisa menyebabkan botulisme.

4. Jauhkan Bayi dari Polusi

Jauhkan Bayi dari Polusi

Ketika anak batuk sebaiknya jauhkan bayi dari polusi. Seperti asap pembakaran, asap rokok, atau udara yang buruk. Hal ini agar batuk tidak makin parah dan anak bisa istirahat dengan tenang.

Sebab istirahat yang cukup bisa memulihkan metabolismenya. Alhasil, daya tahan tubuhnya kuat untuk melawan infeksi.

Bagi anak yang batuk, sebaiknya tempatkan bantal lebih tinggi dari posisi badan. Hal ini agar anak makin nyaman tidurnya.

Atau Anda bisa menggendong dan memeluknya. Cara ini bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak.

5. Pijat

Pijat

Cara menyembuhkan batuk pada bayi secara alami terakhir dengan pemijatan di baby spa.

Perlu Bunda tahu, batuk akan sangat menyiksa pada bayi. Terkadang, batuknya bisa membuat dada dan perut sakit. Oleh karena itu, cobalah ke baby spa dan jadwalkan pijat pediatric massage.

Karena dengan pijat, tubuh bayi menjadi lebih rileks dan enak untuk bergerak.

Salah satu tempat untuk mendapatkan pediatric massage tersebut adalah Deehan Care.

Di Deehan Care, bayi Anda akan ditangani oleh terapis bersertifikasi sehingga meminimalisir kesalahan pemijatan. Selain itu, tempatnya nyaman, layanan lengkap, dan harga mulai dari Rp20.000-an. Ada juga pijat untuk Bunda, loh.

Yuk, reservasi tempat Anda melalui WhatsApp sekarang juga.

Kesimpulan

Jadi, jangan panik dan khawatir berlebihan lagi, ya jika anak batuk. Lakukan saja lima cara mengatasi batuk pada bayi di atas.

Namun, jika makin parah seperti bayi batuk hingga muntah, sesak napas, demam tinggi, hingga batuk berdarah sebaiknya lekas hubungi dokter untuk memperoleh perawatan lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×