Dampak Stress Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

stress saat hamil

Salah satu hal lumrah yang akan dialami ketika masuk masa kehamilan adalah muncul rasa kekhawatiran dan stress. Oleh sebab itu, manajemen stres saat hamil menjadi hal penting yang sebaiknya Anda pelajari sejak awal merencanakan kehamilan.

Munculnya rasa stres saat hamil juga menimbulkan beberapa dampak yang kurang baik untuk ibu dan calon bayi. Maka dari itu, dalam ulasan ini kami akan membahas apa saja dampak stress saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya.

Timbulnya Stress dan Tertekan saat Hamil

Tertekan saat Hamil

Hamil memang bukan perkara yang mudah. Oleh sebab itu, stress saat masa kehamilan merupakan hal yang rentan terjadi. Stres saat hamil bisa muncul akibat adanya kekhawatiran ibu terhadap banyak hal. 

Selain itu juga bisa terjadi karena:

  • Memiliki pengalaman keguguran,
  • Kehamilan yang tidak terencana,
  • Trauma,
  • Memiliki masalah dengan minuman beralkohol,
  • Memiliki permasalahan keuangan,
  • Hamil pertama kali, dan masih banyak lagi.

Manajemen dan pengendalian stres saat hamil sangat dibutuhkan karena stress saat hamil dapat memberikan dampak buruk untuk ibu dan bayi.

Dampak Ibu Stress Saat Hamil

Dampak Ibu Hamil yang Stress

Apabila tidak dapat menguasai atau manajemen stress, terdapat beberapa dampak yang akan muncul, seperti misalnya:

  • Pola makan kurang teratur 
  • Memicu munculnya tekanan darah tinggi
  • Kelahiran prematur atau infeksi pada janin jika munculnya rasa stress berkelanjutan 

Mengingat bahaya yang timbul akibat stress yang terjadi pada ibu hamil, berikut kami beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Stress Saat Hamil

Cara Menghilangkan Stress Pada Ibu Hamil

Untuk mengendalikan rasa stres, setiap ibu tentu memiliki caranya masing-masing. Entah itu dengan menyibukkan diri, bermeditasi, atau melakukan pijat kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa upaya untuk meredakan stres selama masa kehamilan.

1. Meminta Support dan Dukungan Keluarga

Mendapatkan dukungan, baik dari teman, orang sekeliling, dan keluarga dapat meredakan sekaligus mengendalikan rasa stres pada masa kehamilan. Dukungan mereka sangat berarti untuk membuat rasa bahagia dan menyeimbangkan kesehatan mental dengan baik.

Untuk memulainya, jalin komunikasi yang baik dan hindari pertengkaran sekecil apapun agar beban pikiran tidak semakin bertambah. Selain itu, sebaiknya Anda juga bersikap terbuka jika membutuhkan support dari keluarga.

2. Olahraga secara Teratur

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga ternyata juga bisa membantu menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres. Anda tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan beberapa aktivitas kecil, seperti jalan santai di pagi hari atau mengikuti yoga.

3. Ciptakan Suasana Rileks dan Menyenangkan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan suasana yang menenangkan. Contohnya seperti mendengarkan musik klasik atau menggunakan pewangi aromaterapi.

Dua hal ini yang paling umum digunakan untuk menciptakan suasana tenang dan damai, sehingga pikiran juga menjadi lebih tenang sekaligus meredakan stres yang muncul terus-menerus.

4. Konsultasi ke Dokter

Jika stres terjadi terus-menerus dan berkepanjangan, sebaiknya konsultasi ke dokter. Dengan konsultasi yang lebih terarah, proses manajemen stres juga bisa lebih baik.

Dokter sebagai ahli juga akan memberikan berbagai arahan dan rekomendasi, serta pemantauan yang lebih optimal untuk menjaga kesehatan pasien.

5. Menjalani Pijat Ibu Hamil

Salah satu kondisi krusial yang dapat menyebabkan munculnya stress adalah kondisi kesehatan yang menurun selama proses kehamilan. Misalnya seperti munculnya rasa pegal-pegal pada bagian bawah tubuh dan bawah punggung karena massa janin yang semakin besar. 

Dalam hal ini, pijat ibu hamil bisa jadi salah satu cara untuk meredakan pegal-pegal selama kehamilan dan meredakan stress. Selain itu, pijat selama kehamilan juga ada banyak manfaat, seperti: 

  • Mengatasi sakit pinggang, 
  • Meredakan rasa nyeri pada pinggul, 
  • Meredakan pembengkakan kaki 

Meski pemijatan dapat Anda lakukan secara mandiri, namun sebaiknya Anda mendapat bantuan dari ahli untuk meminimalisasi resiko.

Salah satu rekomendasi layanan pijat ibu hamil yang sudah dilengkapi dengan tenaga ahli bersertifikat yaitu Dehaan Care. Dengan layanan kami, Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan treatment pemijatan, karena kami punya layanan Home Care Treatment

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di WhatsApp atau follow Instagram Deehancare dan TikTok @deehancare untuk dapat berbagai tips dan trik treatment pijat ibu hamil selama kehamilan. 

Selanjutnya, jalani hari-hari kehamilan Anda dengan hal positif. Anda bisa melakukan hal-hal yang Anda sukai dan menciptakan suasana tenang dengan musik atau aromaterapi untuk meredakan stress saat hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×