Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

cara mengatasi sakit pinggang saat hamil

Pada saat mengandung, keluhan yang sering muncul ialah sakit pinggang. Apalagi kondisi tersebut menimbulkan gangguan ketika beraktivitas sehari-hari. Sehingga butuh memahami bagaimana tindakan yang pas untuk cara mengatasi sakit pinggang saat hamil.

Penyebab Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Penyebab Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Sakit pinggang atau nyeri pada bagian punggung bawah seringkali berlangsung pada ibu yang mengandung. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Perubahan Hormonal selama Kehamilan

Hal tersebut bisa menjadi pencetus nyeri pinggang ada ibu yang mengandung, lantaran hormon progesteron yang dihasilkan lebih banyak. Sehingga, dapat melemahkan urat dan jaringan di area tersebut. 

Dengan demikian, hal tersebut bisa memicu ketidakstabilan pada tulang belakang area bawah dan meningkatkan risiko cedera pada area itu.

2. Peningkatan Beban Pada Pinggang dan Tulang Belakang

Bobot badan ibu yang mengandung semakin naik selama kehamilan bisa meningkatkan tekanan di area tulang belakang area bawah dan pinggang. Terlebih lagi, pertumbuhan janin di rahim juga bisa menaikkan berat pada tulang belakang dan pinggang ibu yang mengandung.

Ketika berat pada  tulang belakang dan pinggang semakin bertambah, maka urat dan ligamen pada area tersebut menjadi bekerja lebih keras lagi untuk menyangga berat tersebut. 

Hal tersebut bisa menyulut urat dan ligamen pada area tersebut menjadi tegang dan kaku, sehingga memicu nyeri pinggang pada ibu yang mengandung.

3. Perubahan Posisi Rahim

Ini terjadi lantaran rahim yang bertambah besar dapat menghimpit saraf dan pembuluh darah di sekitarnya. Hal tersebut bisa mengakibatkan terganggunya saraf dan sirkulasi darah pada area tulang belakang bagian bawah dan pinggang. Sehingga menerbitkan rasa tidak nyaman (nyeri) pada area tersebut.

Terlebih lagi, saat janin bergerak atau melangsungkan gerakan tertentu di rahim. Maka, posisi rahim juga bisa berbeda posisi dan memicu penekanan pada saraf serta pembuluh darah di sekitarnya. Sehingga memicu nyeri pinggang pada ibu yang mengandung.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

cara mengatasi sering sakit pinggang saat hamil

Ada beberapa cara yang bisa Bunda coba sebagai cara mengatasi sering sakit pinggang saat hamil secara aman dan benar. Misalnya saja beberapa aktivitas berikut ini.

1. Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda dengan Terapi Panas

Terapi panas bisa meningkatkan sirkulasi darah ke area yang terkena dan reduksi kekakuan urat. Sedangkan terapi dingin bisa menyedikitkan peradangan dan nyeri.

2. Yoga atau Pilates untuk Ibu Hamil

Ini bisa meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan urat pinggang, sehingga bisa memangkas nyeri pinggang pada ibu yang mengandung. Selain itu, juga bisa meningkatkan taraf kesehatan secara keseluruhan, menghindarkan dari stres, dan mempersiapkan badan untuk persalinan.

3. Latihan Pernapasan

Saat stres atau kepanikan meningkat, urat-urat di sekitar area tulang belakang dan pinggang  bisa menjadi tegang, yang bisa memicu nyeri pinggang. Nah, pada teknik tersebut melibatkan pernapasan yang deep dan lambat, yang bisa reduksi ketegangan dan menyedikitkan rasa nyeri pada pinggang.

4. Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Tua dengan Hidroterapi  

Terapi ini melibatkan latihan ringan di air, sebab air punya karakter yang unik, yaitu memberikan dukungan dan menyedikitkan daya topang pada tubuh. Hal tersebut bisa menambah fleksibilitas dan kekuatan urat, sehingga reduksi kekakuan pada area di sekitar tulang belakang dan pinggang.

5. Relaksasi dengan Pijat Ibu Hamil

Pijat bisa reduksi ketegangan pada area di sekitar area tulang belakang dan pinggang. Apalagi jika pijat yang pengaplikasiannya dengan lembut dan teratur bisa melonggarkan urat tersebut. Sehingga menyedikitkan rasa nyeri pada pinggang.

Kemudian, pijat juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke area yang nyeri. Lantaran peningkatan sirkulasi darah bisa memperbaiki kondisi pada area yang nyeri dan mempercepat proses penyembuhan.  

Apalagi pijat juga bisa meredakan stres dan meningkatkan relaksasi, yang bisa menyedikitkan rasa nyeri pada pinggang. Jadi, jika dilakukan secara benar pijat untuk ibu yang mengandung aman, dan memiliki banyak manfaat.

Oleh karena itu, pastikan untuk pijat di tempat yang terpercaya dan sudah berpengalaman seperti di Deehan Care sebagai cara mengatasi sakit pinggang saat hamil. Jalani kehamilan dengan tenang dan nyaman, bersama pendampingan dari Deehan Care. Hubungi Admin di sini untuk reservasi, atau cek di media sosial Instagram dan Tiktoknya untuk melihat update terbaru. Salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×