Begini, 5 Cara Melatih Motorik Bayi

cara melatih motorik bayi

Setelah lahir, bayi akan mengalami perkembangan pesat. Meski tiap anak berbeda, tetapi umumnya bayi akan mengalami 4 tahap perkembangan dalam tahun pertamanya. Agar tumbuh kembangnya maksimal, Bunda bisa menstimulasinya dengan cara melatih motorik bayi secara sederhana.

Cara Melatih Motorik Bayi

Keterampilan motorik adalah kemampuan anak untuk membuat gerakan melalui anggota tubuhnya. Entah kepala, leher, tangan, jari, hingga kaki.

Kemampuan motorik sangatlah penting bagi kehidupan anak. Karena keterampilan motorik menopang kehidupannya. Seperti anak bisa berjalan, menggenggam, duduk, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Secara umum, keterampilan ini terbagi menjadi dua, yaitu kasar dan halus. Namun, pada usia di bawah satu tahun, kemampuan motorik kasar sangat mendominasi perkembangannya. Seperti membalik badan menjadi tengkurap, merangkak, duduk, jalan, lari. 

Selengkapnya, berikut cara melatih motorik anak.

1. Ayunkan Tangan dan Kakinya

ayunkan tangan dan kakinya merupakan salah satu cara melatih motorik bayi

Pertama adalah mengayunkan tangannya. Dengan begitu, anak bisa terangsang untuk menggerakkan anggota tubuh bagian atasnya. Ini sangat pas untuk melatih motorik kasar anak usia baru lahir hingga tiga bulan.

Agar makin menyenangkan, cobalah nyanyikan atau putar lagu untuk melatih motorik bayi seperti kepala, pundak, lutut, kaki.

Setelah tangan, gerakkan kakinya seperti menendang. Hal ini baik untuk menguatkan otot-otot kakinya.

Selain itu, permainan interaktif ini juga mengajarkan bayi mengenal ritme dan menyeimbangkan badan saat menggerakkan anggota tubuh. Karena setelah usia bayi 1 bulan, bayi mulai bisa mengangkat lebih tinggi kepalanya.

Di sisi lain, bayi akan mulai merespons ketika mendengar suara. Seperti dengan refleks merentangkan tangan atau menggerakkan jari-jarinya.

2. Bermain Sambil Berguling dan Tengkurap

bermain sambil terngkurap

Cara melatih motorik kasar anak yang kedua adalah mengajaknya bermain dengan sesekali berguling memperlihatkan cara tengkurap. Dengan begitu, anak akan merekamnya di alam bawah sadar dan mencoba sendiri untuk tengkurap.

Setelah bisa, cobalah melatih motorik kasar bayi dengan mencontohkan dengan mengangkat tubuh bagian atas. Gerakan ini baik untuk meregangkan otot punggung dan perut. Bayi juga belajar cara menopang badan dengan kaki dan dada.

3. Menyusun Balok atau Sebarkan Mainan di Sekitar Anak

akibat gangguan pencernaan pada bayi

Ini adalah cara melatih motorik bayi 6 bulan atau 8 bulan ke atas.

Ketika duduk ajaklah anak untuk menyusun balok atau sebarkan mainan anak di sekitarnya. Ini akan melatih otot jari-jari anak untuk mengambil mainan, menggenggam, dan memindahkannya.

Selain itu, permainan ini juga melatih koordinasi gerakan tubuh anak bagian atas.

4. Melatih Jalan

melatih motorik bayi dengan cara berjalan

Untuk anak yang sudah mulai berdiri dan merambat, cobalah latih berjalan dengan menggandengnya. Sesekali bisa juga melepas pegangan, biar anak belajar berdiri sendiri.

Namun, jangan paksa anak jika dia belum siap. Pastikan anak memang sudah bisa berdiri dengan kekuatannya melalui benda di sekitarnya.

Namun, jangan terus-terusan melatihnya, ya. Biarkan dia mengeksplorasi sekitarnya. Yang paling penting, hindarkan benda tajam di sekitar anak agar tidak melukainya.

5. Pijat Bayi

pijat bayi merupakan cara melatih motorik bayi

Terakhir, ada pijat bayi. Mungkin, Anda bingung, apa hubungannya pijat bayi dan perkembangan motoriknya.

Namun, perlu Anda tahu, pijat bayi sangat baik untuk pengoptimalan perkembangan motorik anak pada satu tahun pertamanya. Hal ini karena pijat bayi merupakan salah satu stimulasi multisensori.

Pijat bayi juga memiliki banyak manfaat, seperti

  • Memperlancar peredaran darah
  • Menguatkan imunitas
  • Mengatasi masalah pencernaan, seperti mengembalikan nafsu makan dan membantu fungsi organ pencernaan lebih optimal dalam mencerna makanan
  • Relaksasi bayi, badan bayi menjadi enak, juga tidurnya lebih nyenyak.

Namun, pijat bayi tidak bisa dilakukan sembarangan atau tanpa kecakapan. Takutnya salah pijat dan mengakibatkan cedera. Oleh karena itu, lakukan pijat bayi yang merupakan rangkaian dari baby spa di tempat yang nyaman, profesional dan terpercaya karena sudah tersertifikasi seperti Deehan Care.

Di Deehan Care, semua terapis sudah tersertifikasi. Layanannya profesional, lengkap, dan harganya pun murah. Mulai dari Rp20.000-an, Anda bisa mendapatkan pelayanan terbaik Deehan Care. Untuk reservasi, ke WhatsApp, ya agar lebih fast response.

Untuk newborn hingga usia satu tahun, lakukan 4 cara melatih motorik bayi di atas, kemudian optimalkan dengan pemijatan rutin. Tidak perlu mahal, di Deehan Care, ada harga ramah kantong untuk keperluan spa ibu dan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×