Penyebab Gangguan Pencernaan pada Bayi dan Solusinya

penyebab dan solusi ganngguan pencernaan pada bayi

Gangguan pencernaan pada bayi dapat menyebabkan bayi yang rewel dan mudah menangis. Tentu saja ini merupakan masalah yang umum pada bayi dan bisa sangat mengganggu bagi para orang tua. 

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan faktor penyebab dari terjadinya gangguan pencernaan pada bayi baru lahir, akibat dari sistem pencernaan bayi bayi 0-6 bulan yang terganggu, dan cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Gangguan Pencernaan pada Bayi

Banyak faktor yang dapat menyebabkan infeksi usus pada bayi. Seperti infeksi, alergi makanan, konstipasi, dan lain-lain. 

Karena itu, penting bagi para orang tua untuk dapat memahami faktor-faktor ini agar dapat meminimalisir kemungkinan lain yang dapat menyebabkan bayi menjadi rewel.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab gangguan pencernaan pada bayi:

1. Konstipasi

Bayi yang kesulitan buang air besar atau konstipasi tentunya akan merasa tidak nyaman dan rewel. Ini adalah sebab yang paling umum terjadi pada bayi yang mengalami gangguan pencernaan. 

Kabar baiknya, bayi yang menyusui cenderung jarang mengalami konstipasi karena ASI jauh lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi.

2. Refluks

Bayi terkadang akan mengalami refluks.  Yaitu, sering mengeluarkan makanan yang sudah dimakan karena asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini juga akan membuat bayi merasa tidak nyaman karena pencernaannya terganggu.

3. Alergi Makanan

Bayi yang memiliki alergi terhadap suatu jenis makanan atau minuman tertentu dapat mengalami gangguan pencernaan.

4. Infeksi

Infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan atau pada organ pencernaan seperti usus, hati atau pankreas juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi.

Akibat Gangguan Pencernaan Pada Bayi

akibat gangguan pencernaan pada bayi

Gangguan pencernaan pada bayi dapat menyebabkan beberapa akibat yang dapat memengaruhi kesehatan dan kenyamanan bayi. 

Beberapa akibat dari gangguan pencernaan pada bayi antara lain:

1. Bayi Rewel dan Mudah Menangis

Gangguan pencernaan pada bayi dapat menyebabkan perut bayi terasa tidak nyaman, kembung, dan sakit. Hal ini yang menyebabkan bayi menjadi rewel dan mudah menangis.

2. Gangguan Pertumbuhan

Gangguan pencernaan yang terjadi pada bayi dapat memengaruhi penyerapan nutrisi dan akan mengakibatkan bayi mengalami gangguan pertumbuhan.

3. Dehidrasi

Apabila bayi muntah atau diare karena masalah pencernaan, maka bayi bisa kehilangan banyak cairan dan akan mengalami dehidrasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan bayi.

4. Infeksi

Infeksi pada saluran pencernaan atau pada organ pencernaan seperti usus, hati atau pankreas juga bisa menjadi akibat dari gangguan pencernaan pada bayi.

Karena itu, penting untuk segera mengatasi gangguan pencernaan pada bayi untuk mencegah terjadinya akibat yang lebih buruk bagi kesehatan bayi. 

Solusi Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Bayi

Berikut adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi  Infeksi pencernaan pada anak 1 tahun atau gangguan pencernaan pada bayi:

1. Memberikan ASI secara Eksklusif

ASI adalah makanan yang terbaik bagi bayi dan bisa membantu mencegah gangguan pencernaan. Jika bayi mengalami masalah pencernaan, maka memberikan ASI secara eksklusif dapat membantu untuk mengatasi masalah pencernaan.

2. Menghindari Makanan Alergi

Apabila bayi mengalami alergi terhadap suatu jenis makanan, hindari makanan tersebut dan ganti dengan makanan yang lebih aman untuk bayi.

3. Memberi Obat-obatan

Beberapa obat-obatan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan pada bayi seperti obat konstipasi atau obat untuk mengurangi asam lambung. Tentunya hal ini harus Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

4. Spa Bayi

Baby spa adalah salah satu cara yang bisa sangat membantu mengatasi gangguan pencernaan pada bayi. Terapis professional baby spa yang terlatih dapat membantu bayi merilekskan otot-ototnya dan mengurangi rasa tidak nyaman pada perutnya. 

Selain itu, baby spa juga dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan membantu bayi buang air besar dengan lebih lancar.

Kesimpulan

gangguan pencernaan bayi

Gangguan pencernaan pada bayi dapat terjadi karena beberapa hal seperti, konstipasi, refluks, alergi makanan, dan infeksi. Berbagai gangguan ini tentu akan membuat bayi menjadi tidak nyaman dan rewel.

Untuk mengatasi gangguan pencernaan pada bayi, salah satu cara ampuhnya dengan melalui baby spa. Pijatan yang lembut di titik yang tepat oleh para terapis yang ahli dapat membuat bayi menjadi lebih nyaman dan gangguan pencernaan pun akan hilang.

Jika Anda ingin mengetahui informasi ini lebih jauh, silakan hubungi nomor berikut ini untuk pelayanan yang lebih profesional dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×