Panduan Lengkap Baby Spa: Manfaat & Rekomendasi Tempat Terbaik

panduan lengkap baby spa

Tahukah Bunda? Selain ibu, bayi juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas spa. Berbeda dengan ibu, spa pada bayi dilakukan di tempat khusus, yaitu baby spa. Tidak hanya bermanfaat untuk relaksasi, baby spa juga baik untuk menunjang tumbuh kembang sang bayi.

Jika Anda ingin tahu baby spa itu apa? manfaat, hingga tarifnya, simak selengkapnya di postingan ini.

Mengenal Apa itu Baby Spa?

memberitahu tentang pengertian baby spa

Kata spa sendiri berasal dari bahasa Walloon (bahasa kedua sejumlah orang di Wallonia, Belgia) “espa” yang berarti air mancur. Saat itu, pada abad ke-14 ditemukan mata air panas di sebuah kota bernama Spa, di Belgia. 

Spa juga merupakan akronim dari bahasa latin “sanitas per aquas”, yang artinya kesehatan melalui air. 

Dari beberapa kata tersebut, dapat disimpulkan, pada awal kemunculannya, spa adalah terapi yang berkaitan dengan air, baik mandi maupun berendam. Seiring berjalannya waktu, aktivitas spa bukan lagi hanya tentang mandi, namun disertai fasilitas lain seperti pemijatan.

Dalam perkembangannya, kini spa bukan hanya tersedia untuk orang dewasa saja, melainkan juga untuk bayi. Biasanya tersedia tempat khusus untuk spa pada bayi, seperti salon bayi atau baby spa. Jadi baby spa adalah suatu perawatan untuk bayi supaya bisa memberikan berbagai macam dampak positif yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Untuk Anda yang penasaran bagaimana cara spa baby? Umumnya, baby spa mirip dengan spa pada orang dewasa, yaitu kegiatan gabungan antara pijat tubuh dan berendam. 

Sedangkan urutan baby spa, awalnya bayi akan dipijat dengan diolesi minyak, setelahnya barulah berendam dengan dipakaikan pelampung.

Apa Saja Manfaat Baby Spa?

manfaat baby spa

Seperti tertulis di atas, bahwa selain pada orang dewasa, spa juga memiliki banyak manfaat bagi bayi. Untuk Anda yang penasaran apa manfaat baby spa untuk bayi? Berikut adalah beberapa manfaat yang akan bayi dapatkan setelah rutin melakukan baby spa:

1. Membuat Bayi Lebih Rileks dan Gampang Tidur

Menurut jurnal dari National Library of Medicine, menemukan bahwa terapi akuatik pada bayi prematur meningkatkan kualitas tidur bayi. Selain itu terapi akuatik juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada bayi. 

Sebelum dilakukan terapi, bayi yang baru lahir tidur dengan keadaan gelisah hingga menangis. Setelah dilaksanakan terapi, bayi bisa tidur lebih tenang dan rileks.

Kombinasi air hangat, pijatan lembut, hingga suasana sekitar yang mendukung akan membantu bayi menjadi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

2. Meningkatkan Perkembangan Motorik Bayi

Menurut penelitian mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya, pemberian treatment baby spa dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar bayi usia 6 hingga 9 bulan.

Setelah selesai pemijatan, bayi akan masuk ke dalam kolam kecil yang berisi air hangat. Selanjutnya, bayi akan dipakaikan pelampung di lehernya, lalu dibiarkan bergerak sebebasnya.

Dengan begini, masih menurut penelitian yang sama, kemampuan kontrol motorik bayi akan berkembang lebih pesat daripada hanya bermain di lantai. Saat berenang di dalam air, efek gravitasi yang rendah memungkinkan bayi bergerak lebih banyak sehingga otot dapat bekerja dengan optimal.

3. Mendorong Perkembangan Fisik Bayi

Menurut jurnal kesehatan Poltekkes Tanjung Karang, terdapat perbedaan signifikan pada panjang badan dan lingkar kepala bayi setelah melakukan baby spa. Setelah melakukan baby spa selama seminggu sekali dalam sebulan, terjadi penambahan panjang bayi dari yang awalnya 60,58 cm, menjadi 61,27 cm. 

Dengan memberikan stimulasi baby spa pada bayi akan mengoptimalkan pertumbuhan fisik pada bayi.

4. Menstimulasi Rangsangan Indera pada Bayi

Saat melakukan spa, biasanya tempat spa bayi juga akan menawarkan banyak aktivitas sensorik. Mulai dari menyediakan mainan berwarna-warni, mainan dengan tekstur berbeda, hingga mengajak bayi bernyanyi atau bicara. 

Kegiatan ini dapat membantu menstimulasi indra bayi, seperti sentuhan, penglihatan, dan suara.

5. Meningkatkan Berat Badan Bayi

Manfaat baby spa selanjutnya adalah dapat meningkatkan berat badan bayi. Ini sesuai dengan studi yang diterbitkan oleh National Library of Medicine. Studi tersebut menunjukkan adanya kenaikan berat badan pada bayi prematur yang mendapat stimulasi pijat sebanyak 47% dibandingkan yang tidak.

Pijat bayi memungkinkan untuk terjadinya penyerapan nutrisi lebih efisien, sehingga berat badan bayi meningkat.

6. Mendorong Terjalinnya Kedekatan yang Baik antara Orang Tua dan Bayi

Selain baik bagi bayi, membawa bayi ke tempat baby spa juga bermanfaat untuk orang tua. Salah satunya adalah memberikan kenangan yang manis antara bayi dan orang tua. 

Melihat lucunya anak-anak saat di kolam, gemasnya mereka saat bermain bersama, akan memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi orang tua. Dengan menikmati kebersamaan satu sama lain di tempat spa, akan membuat kuatnya ikatan antara anak dan orang tua.

Apakah Baby Spa Aman untuk Bayi?

apakah baby spa aman untuk bayi

Bagi Anda yang penasaran, baby spa dilakukan oleh siapa? Tak perlu khawatir, karena baby spa umumnya dilakukan oleh terapis yang telah berkompeten untuk melakukan pijat bayi dan semua prosesnya. 

Biasanya para terapis yang bertugas telah memiliki sertifikat sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Selain itu, tempat baby spa yang baik akan memperhatikan kebersihan serta memastikan minyak pijat yang mereka gunakan aman untuk bayi.

Meskipun begitu, Anda juga perlu memastikan bayi dalam keadaan mood yang baik, misalnya telah bangun tidur, kenyang, dan tidak dalam keadaan sakit. Lalu, bolehkah baby spa saat batuk pilek? Sebaiknya Anda membawa bayi dalam keadaan sehat. 

Namun, beberapa tempat juga menyediakan fasilitas perawatan dari rumah, sehingga tetap bisa melakukan perawatan meskipun bayi sedang batuk atau pilek. Terutama untuk membantu mengurangi batuk atau pilek pada bayi.

Umur Berapa Bayi Boleh Melakukan Baby Spa?

umur berapa bayi boleh baby spa

Saat memutuskan hendak membawa bayi ke baby spa terdekat, pastikan bayi telah memenuhi syarat baby spa. Yaitu leher dan punggung bayi cukup kuat untuk menopang tubuhnya selama berendam. 

Lalu, kapan bayi boleh melakukan baby spa? Masih menurut jurnal dari Poltekkes Tanjung Karang, usia yang tepat untuk membawa bayi melakukan perawatan spa adalah antara 3 hingga 6 bulan. Karena umumnya pada usia ini bayi cukup kuat dan mampu untuk mengikuti beberapa rangkaian perawatan spa.

Karena kondisi setiap bayi berbeda, Anda dapat mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter, untuk memastikan bayi telah siap melakukan perawatan spa.

Apa Saja Perawatan yang ada di Baby Spa?

apa saja perawatan di baby spa

Secara umum, perawatan bayi saat spa adalah pemijatan dan berendam. Namun, beberapa tempat perawatan spa bayi juga memiliki program tambahan lainnya. Beberapa aktivitas tambahan saat perawatan spa, antara lain:

1. Baby Gym

Mirip seperti senam pada umumnya, senam bayi atau baby gym juga memfokuskan permainan pada gerakan. Senam bayi ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan motorik bayi.

Selain dengan menggerakkan tangan dan kaki, senam pada bayi juga bisa dilakukan dengan alat dan permainan khusus senam bayi. Seperti gym ball, gantungan permainan warna-warni, dan lainnya.

2. Massage Batuk Pilek

Pijat ini dapat membantu mengurangi gejala batuk pilek, seperti pusing atau demam pada bayi. Pemijatan dilakukan di beberapa area, seperti tangan, kaki, dada, hingga punggung.

3. Massage Susah Makan

Untuk bayi yang sudah mulai makan, biasanya mulai mengalami gejala susah makan. Dengan melakukan teknik pemijatan khusus, ini akan mengurangi GTM pada bayi dan membuatnya kembali makan dengan lahap. Fokus untuk pemijatan ini adalah antara perut, tangan, dan kaki.

4. Massage Susah BAB

Jangan panik jika bayi mulai mengalami sembelit atau susah buang air besar. Anda bisa mencoba treatment pemijatan khusus untuk bayi yang susah buang air besar. Umumnya pemijatan akan berpusat di bagian perut bayi.

5. Massage Kembung

Jika bayi mulai menangis tanpa alasan yang jelas, perutnya keras, serta sering kentut, bisa jadi bayi menunjukkan gejala kembung. Untuk mengatasinya, bisa dengan melakukan pemijatan khusus kembung. Pemijatan ini fokus pada perut dan kaki bayi.

Apa Perbedaan Baby Spa dan Pijat Bayi?

Apa perbedaan baby spa dan pijat bayi

Secara umum, baby spa dan pijat bayi sedikit berbeda. Perbedaan utama terletak pada aktivitas tambahan seperti berendam, senam bayi, atau lainnya. Pada pijat bayi, bayi hanya dipijat tanpa ada tambahan kegiatan lain terutama berendam.
Sedangkan pada baby spa, seperti penjelasan sebelumnya, setelah dipijat, bayi akan melakukan relaksasi di dalam kolam air hangat menggunakan pelampung. Selain dipijat dan berendam, bayi juga diajak melakukan keseruan lainnya seperti bermain atau bahkan belajar mengenal benda sekitar.

Berapa Kali Sebaiknya Baby Spa?

berapa kali sebaiknya baby spa dilakukan

Untuk hasil yang optimal, sebaiknya, bayi rutin melakukan perawatan spa. Menurut jurnal kesehatan Poltekkes Tanjung Karang, sebaiknya bayi melakukan spa selama 4 kali dalam sebulan.

Meskipun spa juga dapat dilakukan sendiri di rumah, namun hasil yang didapatkan belum tentu sama dengan yang dilakukan oleh terapis profesional. Bawalah bayi ke tempat spa yang memang memiliki terapis bersertifikat dan berpengalaman. 

Namun, Anda juga bisa meminta terapis untuk datang ke rumah, dan melakukan perawatan di rumah.

Kapan Bayi Butuh Spa?

kapan bayi butuh baby spa

Saat bayi menunjukkan gejala-gejala tidak nyaman, seperti sering rewel, susah tidur nyenyak, atau kembung, Anda bisa membawanya ke tempat spa.

Namun seperti penjelasan sebelumnya, untuk alasan keselamatan, sebaiknya bayi mulai melakukan spa minimal usia 3 bulan. Saat bayi dirasa sudah cukup kuat untuk melakukan perawatan spa, barulah Anda bisa membawanya ke tempat baby spa.

Berapa Tarif Baby Spa?

tarif baby spa

Harga perawatan baby spa bergantung pada tempat dan lokasi keberadaan penyedia perawatan spa pada bayi. Untuk harga di area perkotaan tentu lebih tinggi dibanding yang ada di desa.

Untuk wilayah Jabodetabek, umumnya harga baby spa mulai dari Rp100.000 untuk satu kali perawatan.

Tips Memilih Tempat Baby Spa Terbaik

tips memilih tempat baby spa

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari baby spa, saatnya Anda mencari tempat perawatan baby spa terbaik. Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum melakukan spa pada bayi.

1. Memiliki Terapis yang Bersertifikasi

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, demi keselamatan, sebaiknya perawatan spa pada bayi dilakukan oleh terapis yang profesional. Terapis seharusnya memiliki sertifikat khusus untuk menunjang keahliannya saat melakukan spa pada bayi.

Dengan begini, saat mengantarkan bayi melakukan spa, Anda tidak perlu khawatir, karena semua treatment dilakukan oleh tenaga profesional. Mengingat pada usia bayi biasanya masih sangat rentan dan sensitif. 

Terapis profesional, akan tahu seberapa besar tenaga yang harus dikeluarkan saat memijat bayi, bagaimana menenangkan bayi, dan lainnya.

2. Harga Terjangkau

Salah satu yang tak kalah penting yang harus diperhatikan saat memilih tempat spa bayi adalah memastikan perawatannya sesuai dengan kantong. Saat semua list persyaratan sudah terpenuhi, Anda bisa memilih tempat dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Memperhatikan Kebersihan dan Higienitas

Karena merupakan tempat umum dan kadang dilakukan bersama-sama, penting sekali untuk memastikan tempat baby spa bersih dan higienis. Pastikan mereka mengganti air kolam secara rutin, mencuci mainan, dan menjaga kebersihan para terapis.

Jika melihat tempat spa dengan mainan yang kotor, air kolam yang keruh, atau terapis yang jorok, segera pindah ke tempat lain.

4. Memperhatikan Keselamatan Bayi

Karena bayi adalah makhluk yang lemah, maka penting memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan keamanan bayi. Misalnya suhu pada kolam yang tidak terlalu panas atau pemasangan pelampung yang tidak terlalu kencang. 

Juga tempat pemijatan yang aman dan terhindar dari barang-barang berbahaya, seperti gunting, colokan listrik yang rendah, dan lainnya. Selain itu, pastikan alat-alat perawatan yang digunakan, mulai dari baby oil, sampo atau lainnya aman bagi bayi serta bersertifikat BPOM.

5. Tempatnya Nyaman dan Cocok untuk Bayi

Karena ini fasilitas yang akan didapatkan oleh bayi, sebaiknya Anda memastikan tempatnya nyaman dan cocok untuk bayi. Mulai dari pemilihan cat tembok, keramahan para terapis, hingga ukuran luas dari tempat perawatan.

6. Memiliki Fasilitas yang Lengkap

Karena kebutuhan setiap bayi berbeda, sebaiknya Anda memilih tempat spa yang memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari perawatan, permainan, hingga tersedianya dokter anak untuk konsultasi. Dengan begini Anda bebas memilih jenis treatment sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Deehan Care, Tempat Perawatan Baby Spa Terbaik dan Terlengkap

rekomendasi tempat perawata baby spa terbaik

Tak perlu bingung mencari tempat spa bayi terbaik, karena kini ada Deehan Care, baby spa and mom treatment. Merupakan tempat perawatan terlengkap bagi ibu dan bayi serta anak yang berlokasi di daerah Jabodetabek.

Kami selalu berusaha memperhatikan kenyamanan serta kebahagiaan ibu dan bayi. Karenanya, Deehan Care menyediakan fasilitas lengkap bagi ibu dan bayi mulai dari sebelum dan setelah melahirkan. Perawatan yang Deehan Care sediakan, antara lain:

  • Baby Spa
  • Kids Spa
  • Newborn Care
  • Pijat Anak
  • Pijat Ibu Hamil
  • Pijat Ibu Menyusui
  • Pijat Laktasi
  • Facial untuk Ibu
  • Konselor Menyusui

Keunggulan dari Deehan Care

Berikut beberapa keunggulan dari Deehan Care :

1. Ditangani oleh Terapis yang Bersertifikasi

Semua terapis yang terdapat di Deehan Care merupakan tenaga kesehatan yang ramah, berpengalaman, dan profesional. Karenanya, Anda tak perlu ragu untuk datang dan melakukan perawatan di Deehan Care.  

2. Harga Terjangkau

Tidak perlu merogoh kantong yang dalam, karena hanya dengan Rp20.000, Anda bisa melakukan treatment bersama kami. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon hingga 20% dengan memilih aneka paket perawatan dari Deehan Care. Mulai dari Happy Baby, Fresh Baby, Healthy Baby, hingga Aqiqah.

Untuk mengetahui aneka diskon dan paket yang ada di Deehan Care, Anda bisa mengunjungi media sosial kami, baik di Instagram maupun Tiktok.

3. Memperhatikan Kenyamanan dan Kebahagiaan Pelanggan

Kami selalu berusaha memperhatikan kenyamanan dan kebahagiaan pelanggan Deehan Care. Karenanya kami menyediakan paket lengkap yang tersedia bagi ibu, bayi maupun anak-anak. Anda dapat memilih perawatan untuk bayi baru lahir, bayi, anak, ibu hamil, melahirkan, hingga menyusui.

4. Tersedia Fasilitas Home Treatment

Tak perlu repot keluar rumah untuk melakukan treatment, karena kami menyediakan fasilitas home treatment, yang siap mengunjungi Bunda di rumah

Terutama untuk Anda yang mencari baby spa di Tangerang, cukup hubungi kami melalui kontak yang tertera. Kami akan datang melayani dan melakukan perawatan sesuai kebutuhan.

Dengan semua manfaat yang didapat, sebaiknya Bunda rutin melakukan baby spa. Kunjungi Deehan Care, penyedia perawatan baby spa yang bagus di Tangerang. Jika tak sempat keluar rumah, Bunda bisa menghubungi kami melalui Whatsapp dan lakukan perawatan lengkap hanya dari rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×