Catat ya, Bunda! Ini 6 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Bayi rewel dan susah makan menjadi beberapa dari sekian banyak alasan yang membuat orangtua kalang kabut. Mau tidak mau, mencari cara mengatasi bayi susah makan harus segera dilakukan. Jika tidak, si kecil bisa kekurangan asupan nutrisi. 

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika anak susah makan?

Key points:

  • Ketahui dulu penyebab anak susah makan.
  • Menyuapi perlahan hingga melakukan relaksasi bisa membantu bayi untuk kembali bersemangat makan. 

Selengkapnya, cek informasi berikut ini. 

Apa Penyebab Bayi Tidak Nafsu Makan?

“Makanan solid untuk bayi kurang dari 1 tahun hanya sebagai tambahan.”

Bagi bayi usia kurang dari 1 tahun, ASI adalah makanan utamanya. Walaupun begitu, ketika bayi berusia lebih dari 6 bulan, bayi akan diperkenalkan ke makanan solid berupa MPASI. 

Dalam prosesnya, bayi bisa saja menolak dan susah makan karena alasan berikut:

  • Anak termasuk picky eater
  • Mulai tumbuh gigi
  • Merasa bosan atau lelah
  • Mengalami keterlambatan pertumbuhan
  • Mudah terdistraksi
  • Sedang sakit
  • Mengalami konstipasi

Dengan mengetahui alasan kenapa bayi tidak mau atau susah makan, Anda bisa lebih mudah untuk mengatasinya. 

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Susah Makan?

Agar bayi lebih lahap makannya, Anda bisa melakukan 6 cara berikut ini.

1. Menyuapi Pelan-Pelan

Peralihan dari ASI ke MPASI terkadang membuat anak kesulitan untuk memproses apa yang ia konsumsi. Anak akan mencoba mengenali makanannya dan membutuhkan waktu lama untuk memahami apa yang ia makan. Akibatnya, bayi susah makan MPASI.

Karena hal tersebut, Anda perlu untuk mencoba menyuapi secara perlahan ketika anak merasa lapar. Anda juga bisa mencoba memberi makan dalam porsi kecil daripada porsi besar. Berikan juga jeda waktu, misalnya 2-3 sendok makan di bulan pertama MPASI dengan jadwal 1-2 kali sehari. 

2. Menghaluskan Makanan

Salah satu cara mengatasi bayi susah makan MPASI adalah dengan menghaluskan makanan sesuai dengan kemampuan bayi. Misalnya dengan menambahkan susu atau air putih pada MPASI.

Panduan tekstur makanan bayi yang menjalani MPASI berikut bisa membantu Anda menentukan tekstur yang tepat.[1

3. Jauhkan dari Makanan yang Alergen

Cara selanjutnya adalah menjauhkan anak dari makanan pemicu alergi atau yang menjadi alergen. Akan tetapi, sebelum menerapkan cara mengatasi bayi susah makan saat setelah sakit ini, Anda harus tahu dulu jenis alerginya. 

Jika ragu, berkonsultasi dengan dokter bisa menjadi solusi terbaik yang bisa Bunda lakukan. 

Apabila Anda belum berkonsultasi, maka sebaiknya hindari makanan alergen seperti susu sapi, kedelai, kacang, gandum, telur dan seafood. Waspadai jika bayi Anda menunjukkan gejala seperti:

  • Menangis terus menerus
  • Muntah selepas makan
  • BAB berdarah
  • Demam lebih dari suhu 37 derajat celcius
  • Tidak memberikan respons ketika Anda sentuh

Segera kunjungi layanan kesehatan untuk penanganan lanjutan. 

4. Jangan Terlalu Sering Mengganti Makanan Baru

Ada kalanya Anda ingin mencoba segala jenis MPASI untuk tahu mana yang cocok bagi anak Anda. Namun, hindari untuk terlalu sering mengganti makanan ya. 

Ini karena bayi belum bisa mengenali makanan tersebut dan akan merasa aneh. Jadi, jikapun Anda ingin mengenalkan makanan baru, lakukan secara bertahap dan jangan terlalu cepat. 

5. Membiarkan Bayi Memilih Makanannya Sendiri

Ketika anak Anda sudah bisa memilih makanannya sendiri, maka cobalah untuk membiarkan anak memilih. Di sisi lain, hindari untuk memaksa anak memakan semua makanan yang diberikan. 

6. Pijat 

Salah satu penyebab anak susah makan adalah karena capek. Menurut jurnal yang diterbitkan di JQPH menyebutkan bahwa pijat dapat mempengaruhi berat badan anak. 

Pijat pada bayi bisa menstimulasi hormon pencernaan seperti insulin dan gaselin. Akibatnya, makanan bisa terserap dengan lebih baik dan bayi lebih cepat lapar sehingga membuat berat badan bayi meningkat.[2

Untuk melakukan pijat, tentu tidak bisa sembarang. Butuh tenaga profesional seperti di Deehan Care. Di sini tersedia berbagai macam treatments termasuk pijat bayi dan baby spa

Kami paham jika waktu Anda pun mungkin terbatas dan tidak memungkinkan untuk pergi ke mana saja. Karena itu, Deehan Care menyediakan layanan homecare treatment khusus untuk Bunda dan si Kecil tercinta. 

Jadi, tertarik untuk pijat agar bayi Anda lebih lahap makannya? 

Info lengkapnya, cek langsung di Deehan Care atau klik di sini untuk reservasi langsung ya. Semoga cara mengatasi bayi susah makan di atas bermanfaat untuk Bunda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×