6 Cara Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi yang Optimal

cara stimulasi tumbuh kembang pada bayi

Stimulasi merupakan rangsangan yang dilakukan sejak dalam kandungan setiap hari untung merangsang sistem indra. Secara luas, stimulasi juga mencakup motorik dan perasaan anak. Karena itu, stimulasi tumbuh kembang bayi harus Anda lakukan setiap hari.

Lantas, bagaimana cara menstimulasi tumbuh kembang anak?

Jawabannya bisa Anda cek di artikel berikut ini.

6 Cara Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

seorang-ibu-sedang-mencoba-stimulasi-pada-bayinya

Jika ada yang bertanya, stimulasi balita dapat dilakukan kapan saja? Maka, jawabannya adalah sejak dilahirkan. Di usia 0 bulan pun, atau newborn, Anda sudah bisa memberikan stimulasi untuk anak. 

Ada 6 cara stimulasi yang bisa Anda terapkan agar tumbuh kembang anak lebih optimal. 

1. Mengecat Ruang Anak dengan Warna yang Eye Catching

Kemampuan penglihatan bayi akan mengalami peningkatan secara perlahan. Awalnya, bayi hanya bisa melihat jelas sejauh 8-12 inchi saja dan masih terlihat semu dan hitam putih [1]. 

Usia 4 bulanan, bayi bisa melihat lebih luas dan mampu menangkap gambar objek bergerak. Di rentang usia 4-6 bulan, bayi mulai melihat warna

Untuk meningkatkan kemampuan penglihatannya, maka Anda bisa menggunakan warna cat yang eye catching di kamar anak. Selain itu, Anda bisa bermain peek a boo untuk membantu melatih koordinasi mata dan tangan.

2. Ajak Berbicara

Di usia 4 bulan, Anda bisa lebih aktif untuk mengajak anak berbicara. Cara ini bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuannya berbicara, mendengar dan menambah kosakatanya. 

Anda bisa mulai dari kata sederhana seperti, ‘Ohhh’, ‘mamam’, ‘’mama’, ‘papa’. Nantinya Anda bisa sesekali membacakan buku cerita anak dengan teknik read aloud. Jadi, anak tidak hanya mendapatkan kosakata baru tapi juga terhibur. 

3. Melatih Menggenggam

Salah satu contoh stimulasi yang terlihat sepele tapi banyak manfaatnya adalah melatih menggenggam. menggenggam memungkinkan bayi untuk memahami, mengenal serta mempelajari hal yang ada di sekitarnya. Misalnya tekstur benda. 

Bayi memiliki kemampuan menggenggam sejak baru dilahirkan. Akan tetapi, kemampuan tersebut tidak bisa langsung terampil dan butuh latihan. Karena hal tersebutlah, Anda perlu secara rutin melatih anak untuk menggenggam sebagai salah satu stimulasi bayi 2 bulan.

4. Memperkenalkan Berbagai Macam Bau 

Bayi baru lahir sudah bisa membedakan bau. Fact!

Karena hal tersebutlah, bayi bisa membedakan mana ASI dan mana susu formula.[2

Seiring dengan bertambahnya usia, Anda bisa melatih kemampuan penciuman bayi agar lebih tajam. Salah satunya adalah hindari untuk terlalu sering menggunakan parfum atau deterjen dengan aroma kuat. Tujuannya agar bayi Anda tidak bingung dengan aroma yang ia hirup. 

Selain itu, Anda bisa memperkenalkan pada anak tentang berbagai macam bau. Mulai dari wangi bunga, buah hingga wangi produk yang digunakan sehari-hari.

5. Menggambar

Jika Anda mencari stimulasi perkembangan anak usia 4-5 tahun, maka menggambar bisa jadi pilihan yang tepat. 

Menggambar bisa membantu meningkatkan motorik anak, seperti koordinasi mata-tangan dan melatih otot. Di sisi lain, menggambar bisa membantu meningkatkan kreativitas anak dan memperkenalkan berbagai macam bentuk dan warna. 

6. Pijat

Cara terakhir adalah dengan melakukan pijat. Massage atau pijat bisa membantu meningkatkan atau mempererat hubungan antara ibu dan anak. Di sisi lain, pemijatan yang tepat bisa membantu untuk menstimulasi perkembangan bayi.[3]

Jika dijabarkan, manfaat pijat pada bayi, di antaranya:

  • Membantu perkembangan kognitif, emosional dan sosial. 
  • Membuat bayi lebih rileks. 
  • Menurunkan intensitas menangis, kembung, dan gangguan pencernaan. 
  • Membantu bayi tidur lebih nyenyak. 
  • Menguatkan sistem tubuh seperti pernafasan, pencernaan dan sirkulasi tubuh. 

Karena itu, pijat bayi perlu dilakukan setidaknya 1 kali dalam sebulan dan Deehan Care akan selalu siap membantu Anda.

Deehan Care menyediakan layanan pijat atau massage, spa bayi atau baby spa hingga perawatan untuk ibu yang akan membuat Anda dan si Kecil lebih rileks. 

Kami menyediakan tenaga ahli dan profesional yang berkompeten. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan home care agar Bunda tak perlu lagi repot pergi ke mana pun apalagi saat si Kecil sedang rewel. 

Informasi lengkapnya, bisa Anda klik langsung di Deehan Care. sedangkan untuk reservasi, klik saja https://bit.ly/reservasideehancarewa

Semoga informasi stimulasi tumbuh kembang bayi ini bermanfaat. Sehat selalu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×