It Works! 6 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

bayi susah tidur

Bayi susah tidur menjadi salah satu permasalahan yang akan dihadapi oleh setiap orangtua. Sayangnya, jika hal tersebut tidak bisa Anda atasi dengan baik, maka tidak hanya berakibat buruk untuk bayi tapi juga untuk Anda. Misalnya, Anda jadi susah tidur, tidak bisa bekerja bahkan sakit.

Karena itu, jangan skip informasi menarik berikut ini ya.

Apa yang Menyebabkan Bayi Susah Tidur?

Sebelum itu, Anda harus tahu dan paham lebih dahulu alasan bayi sulit untuk tidur. Ada beberapa alasannya, di antaranya:

  • Lapar
  • Risih karena popoknya basah atau kotor
  • Ingin digendong
  • Merasa tidak nyaman, misalnya kepanasan/kedinginan/gatal
  • Bosan
  • Sakit
  • Kecapekan
  • Merasa takut

Ketika bayi merasakan penyebab tersebut, respons yang bisa bayi Anda berikan adalah menangis. Karena itu, hal pertama yang perlu Anda cek adalah kondisi bayi.

Jika popoknya basah, Anda bisa langsung menggantinya. Jika lapar, Anda bisa memberi ASI atau susu formula. Akan tetapi, bagaimana jika sudah melakukan semua itu tapi bayi tetap menangis dan susah tidur?

Bagaimana Cara agar Bayi Cepat Tidur?

menguap karena bayi susah tidur atua mengantuk

Agar bayi cepat dan mudah untuk tidur, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Membuat Rutinitas Tidur

Bisakah orang tua membuat jam tidur untuk bayi? Bisa karena newborn menghabiskan waktunya untuk tidur. Beberapa minggu kemudian, bayi sudah bisa mengenali siang dan malam.

Untuk melakukan cara ini, Anda harus pahami kebiasaan anak terlebih dahulu, termasuk stimulan agar anak cepat tidur. Misalnya, dipeluk, mandi, dibacakan cerita, di-pukpuk, dinyanyikan. 

Setelah itu, kenalkan bayi siang dan malam. Misalnya dengan membuka tirai saat siang hari. Lalu, tentukan jam tidur anak.

Terapkan secara perlahan dan teratur agar anak terbiasa dan Anda pun tak kesulitan saat bayi susah tidur siang. 

2. Jangan Mengajak Bermain 

Ada kalanya, ketika bayi terbangun saat tidur malam, banyak orang tua yang mengajak anak untuk bermain. Alhasil, mata anak seakan seperti terbuka dan susah tidur. 

Karena itu untuk mengatasinya, Anda perlu menahan diri agar tidak merespons bayi yang mengajak Anda untuk bermain. Jika lapar, Anda bisa langsung memberikan ASI atau susu formula agar si Kecil kembali tidur. 

3. Kenali Tanda Saat Bayi Mengantuk

Agar bayi Anda lebih mudah tidur, Anda perlu mengenai tanda-tanda bayi yang mengantuk. Misalnya menguap, mengucek matanya atau tiba-tiba terdiam.

Ketika Anda melihat tanda-tanda tersebut, Anda bisa langsung menaruh bayi di tempat tidur. Tujuannya agar bayi Anda mengenali kalau yang ia rasakan adalah proses tidur. Sesekali, Anda bisa menggumamkan nina bobo, cerita atau memberikan usapan agar bayi lebih cepat tidur. 

4. Biarkan dan Berikan Bayi Waktu untuk Mereka Sendiri

Pernah melihat bayi susah tidur tapi tidak rewel

Jika rewel, bisa jadi karena lingkungannya kurang nyaman, misalnya terlalu panas. Sedangkan jika tidak rewel, maka saatnya Anda membiarkan bayi Anda. Let them work it out.

Dalam hal ini bukan membiarkan anak tanpa pengawasan. Anda tetap perlu memberikan pengawasan tapi biarkan bayi Anda mencari cara mereka sendiri untuk terlelap. Misalnya, memainkan jemari mereka atau memutar posisi tidur. 

Cara ini akan membantu anak untuk belajar self-soothe terutama saat terbangun di malam hari. 

5. Membedong si Kecil

Cara kelima adalah dengan membedong dan mendekap anak Anda ke dada. Trik ini bisa membantu anak Anda untuk merasa aman dan lebih tenang. 

Jika belum tenang, sesekali Anda bisa mencoba untuk menggoyangkan tubuh anak Anda secara perlahan. Trik lain adalah, Anda bisa memberikan dot atau ASI agar anak lebih cepat terlelap. 

Perlu menjadi catatan, hindari membedong bayi terlalu kencang agar anak tetap bisa menekukkan kakinya dan merasa nyaman. 

6. Melakukan Pijat secara Rutin

Cara lain adalah dengan melakukan pijat bayi secara rutin. Pemijatan ini setidaknya perlu dilakukan minimal 1 bulan sekali. Tujuannya, agar badan bayi lebih rileks, sirkulasi tubuh lebih lancar, bayi lebih tenang dan membuat bayi lebih nyenyak tidurnya. 

For your information, semakin rutin dan lama waktu pijat bayi, maka akan membantu meningkatkan kualitas tidur bayi.[1]

Jadi, ini sudah waktunya untuk melakukan reservasi di Deehan Care. Ini karena kami menyediakan layanan seperti baby massage atau pijat bayi dan baby spa dengan tenaga terapis yang tersertifikasi. Tidak hanya itu, Deehan Care juga menyediakan layanan home care yang nyaman dan harga terjangkau. 

So, Bunda tidak perlu capek-capek datang ke Deehan Care saat si Kecil rewel karena bayi susah tidur. Anda hanya perlu hubungi kami di sini untuk reservasi. Jangan sampai ketinggalan ya, Bund!

Info lebih lengkap seputar Deehan Care bisa cek di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×